“KSK Semakin Dekat! Aduh, Harus Gimana?” (Part 2: Matematika, Fisika, Geografi, Ekonomi, dan Biologi)

Halo semua! Selamat datang di “Persiapan KSN-K Part 2”  bersama Catatan Si Thamrin!

Tim kami berhasil mewawancarai 9 orang yang lolos tahap KSN-K, bahkan ada yang sampai mendapat medali lho! Di part 1 ini, kami akan membahas tentang Matematika, Fisika, Geografi, Ekonomi, dan Biologi. Penasaran? Stay tuned!

  1. Ka Hasan
  • Pertanyaan pertama kak, gimana sih persiapan kakak buat ksk geo?

persiapan buat kek si paling aku baca buku yang emang isinya dah rangkuman materi gitu, sama baca ulang soal yang aku punya


  • Buku yang dipake

dari LOPI. itu isinya dah materi lengkap gitu dan emang sering keluar


  • Kalo web materi gitu ada ga kak?

jujur kalo web aku random soale cara belajar aku biasanya, kalo di soal ada yang aku ga ngerti aku cari tentang materi itu di Google, tapi web nya ya gitu random aja. pokoknya saran aku si kalo belajar dari soal cari aja materi yang masih belum ngerti. nah gunanya si buku lopi tadi biar udah ada dasar nya aja materi materi yang umum. soalnya materi yang keluar di olim geo bener bener RANDOM parah


  • Hmm … terus kan katanya materi geo tuh banyak banget ya kak, gimana sih cara kakak ngapalin materi sebanyak itu?

naini materi geo jan dihapal, nanti lupa. Dingertiin dan mungkin karna emang suka aja kali ya akunya. Cuma ya gitu karena emang banyak banget akupun sering lupa. Jadi sering sering aja baca ulang lagi materi yang keknya udah pernah baca ni, tapi lupa dicari lagi materi nya. Soalnya kalo cuma menghapal kemungkinan besar emang bakal lupa. Paling kek buat istilah istilah gitu sih. Kalo itu emang harus ngapal soale kan ga umum gitu yak kalo istilah.


  • Ada yang mau kakak sampein ga ke anak geo?

Plis banget belajar. Sumpah nyesel nya tu belakangan. Kalo emang mau ambis, hayuk mulai dari sekarang, dan coba lakuin serius yak. Sebisa mungkin all out di belajar lu. Tapi lagi lagi, santai juga penting. Kalo bisa bawa enjoy di olim yang lu pilih. Soalnya buat suka belajar lu harus suka jalan yang lu pilih dulu yekan. Oiya sama ini, saling dukung sama temen lu.

 

2. Haidar (Math)

  • Nah oke, pertama, gimana persiapan lu buat olim mat?

Kalo dari gua sendiri, gua ambil beberapa les yang frequent sekitar 2-3× setiap minggu, dan alhamdulillah, dari MHT juga ada kelas olim. Selain itu, gua juga ikut beberapa lomba univ dsb buat prepare juga, hehe.


  • Sumber belajar/buku

Buat gua sendiri, alhamdulillah pny bbrp relasi, jd kita sama sama sharing soal aja dan nanya nanya gitu  seputar soal and ya misalkan buku, ga terlalu kearah buku sih, lebih ke arah mungkin soal soal lomba yg bs di akses di web kayak aops dll


  • Matematika itu lebih penting apalan rumus atau ke logika?

Buat mat sih, yg plg penting pertama lu harus improve problem solving skills, dan juga harus paham konsep, namun seiring berjalannya waktu yang namanya ngafalin teorema, ngafalin rumus itu juga penting.


  • Terus, ada ga sih soal olim luar negeri yang dipake buat latihan?

Soal luar negeri ya? Hmm … biasanya buat improve problem solving, ya lomba lomba umum sih seperti AMC sm AIME gitu, tapi ke depannya, lebih ke arah ebook yang condong ke hal-hal baru. Mungkin kayak teorema baru, dan cara cara baru gitu.


  • Menurut kamu, materi paling susah di matematika apa?

Hmm, buat gua sekarang, gua kurang suka yang namanya geometry sm aljabar, well, banyak ya? HAHAHA, tp gpp, slowly improving hehe


  • Ada yang mau lu sampein ga ke orang2 yang ambis ksn mat??

Well, buat KSN mat itu ya, kita bener bener sama sama harus berjuang, apalagi nanti ketika lu ada di SMA, saingannya sangat beragam, and then, yang namanya ups and downs itu bener bener bakalan sering di SMA hehe, pokoknya tetep semangat buat kita semua dan jangan lupa mendekatkan diri ke tuhan yang maha esa. Thank you.

 

3. Kak Vedhino (Fis)


  • Kakak kan dulu olim fis sampai nasional . selain dari lomba KSN ada lomba lain ga kak yang worth buat latihan atau apa?

sebenernya lomba lain tuh banyak 

klo dulu sih yang terkenal itu ada PRF UI, Braphy UnBraw, Topcop UGM Photon ITS, tapi klo lomba univ tuh sebenernya cukup beda dengan olimnya, lomba univ lebih ke pelajaran sekolah gitu trus ya soalnya di susahin materinya agak luas biasanya, jadi kalo mau menang lomba univ harus kayak ngambis pelajaran sekolah gitu, gabisa dari kelas olim doang, aku aja menang cuma Braphy doang itu.



  • Selain dari yang diajarin kak Luqman, kakak pernah gak kak belajar dari yg lain (YouTube atau ikut latihan), terus buku yg bagus untuk olim fis dari beginner sampai ke tingkat *jago  kira kira menurut kakak apa, soalnya kadang kita bingung ebook di drive kebanyakan jadi bingung mulainya?

Nah kalo soal buku, aku ceritain aja deh ya dulu aku gimana, dulu pertama banget tuh aku urutannya gini

  1. Maestro Fisika
  2. Irodov
  3. 300 problem lazlo holics

Nah sambil dari awal belajar sampe kamu OSN klo mau belajar materinya dari buku David Morin.

Kalo david morin basicnya materi gitu dijelasin , intinya sih kayak yang kak luqman jelasin di kelas


  • Kalau pelatihan dari lembaga pernah gak kak dan kalau pelatihan yang ksp atau ksn itu dari lembaga apa kak? pemerintah kah?

Kalo dulu waktu tahun pertama, aku dengerin Kak Luqman aja, sama ikut lembaga itu paling ULC. Gak tau sekarang masih ada ngga sebenernya bukan lembaganya, tapi itu karna tergantung gurunya siapa yg ngajar kalau kamu mau ikut bimbel, aku saranin Binovatif untuk dr awal – OSN, aku sih gaikut  tp aku tau itu bagus nama pengajarnya pak Hani nah trus ada 3 guru utama nih yg aku tau, Kak Luqman, Kak Made Gita, sama Kak Bonfillio, ini sih rekomendasi kak luqman semua tapi emang bagus sama klo yg paling rajanya fisika di indonesia ya dari Simetri tapi Simetri lebih ke tingkat OSN PELATNAS ke atas, tapi dia juga buka sih pelatihan dari OSK.


  • Nah kak kalau persiapan lomba biasanya kakak ngapain, istirahat kah atau latihan soal trus atau banyakin doa ?

Hmmm … wkwkw, biasanya aku santai sih, main game gitu atau ya beraktivitas kek biasanya aja, bawa santai aja, sambil review catetan  pastiin yang kita udah tau/paham tetep paham gak lupa.


  • Kak kalau pas lomba offline nih , pasti ada kan perasaan deg degan atau perasaan takut blank biasanya di kondisi begitu kakak gimana cara handle nya?

Gimana ya, bawa santai aja sih, apalagi kalo ada temen biasanya kita bercanda canda gitu gimana pun juga lombanya bakal kelewat dikit lagi, gausa takut ga menang atau ga lolos gitu sih, yang penting kita udah usaha gitu, endingnya sabeb.



4. Kak Arlyn (Ekonomi)


  • Kalau lomba ekonomi yang worth buat latihan selain KSN apa, Kak?

Biasanya lomba-lomba yang dari univ gitu. Ada yg terkenal tuh dari UI sama Universitas Tarumanagara. Mereka soalnya bagus, lumayan lah buat latihan.


  • Kalau dari lembaga ada gak, Kak?

Nah, so far, kalo lembaga tuh kurang gitu. Paling adanya pelatihan, bukan lomba. Btw, gua pernah ikut pelatihan mandiri dari suatu lembaga, lumayan bgt worth it. Buat nambahin ilmu selain yang dari MHT, ya.


  • Kalau persiapan kakak selain dari yang diajarin guru olim ada gak, Kak? 

Ada ada, pelatihan tuh gua ikut dari pelatos (ig: @pelatihan_osn). Kalo Youtube, tuh, gua jarang nontonin. Paling tipsnya kalo nyari penjelasan di youtube, search pake Bahasa Inggris aja.

Nah kalo buku fisik, ada buku Pengantar Ilmu Ekonomi karyanya Prathama Rahardja (ini gak ada ebook-nya). Nah, kalo reference yang ebook, gua pake buku dari N. Gregory Mankiw (buat microeconomics, macro, dll.) ini paling dibutuhinnya buat cross check info yang ambigu dari buku Indo.



  • Nah Kak, kalau pas H-, biasanya kakak review materi, santai, atau apa, kak?

Gua biasanya H-seminggu harus udah tinggal bahas soal aja. Terus, biasanya set target gitu, jumlah benarnya harus berapa (misal nilainya mesti >70). Nah H-3 gua cuma baca-baca, H-1 udah gak boleh belajar apa-apa lagi. H-1 gua biasanya nonton film biar gak stres, wkwk.


  • Nah kak pas lomba offline pasti kita pernah ngerasain kan deg-degan atau perasaan takut blank itu kakak handle nya gimana

Wkwkwk doa cuii HAHAHA

Nggak sih, sebenarnya gua ga pernah deg-degan parah gitu soalnya ini tes tertulis kan, bukan yg butuh presentasi atau apalah. Nah anak mht tuh emg biasa santuy gitu kalo lomba. Gara-gara temen-temen gua juga pada sans, jadinya gua sans juga.

Kalaupun ada deg-degan, gua biasanya minum air putih. Katanya bagus biar napas bisa teratur lagi. Terus yaudah, ga usah dipikirin. Bercanda aja sama temen-temen yg lain

Atau nggak kenalan dah sama sekolah lain. It works

 

5. Kak Safrila (Bio)

  • Kak, untuk olim bio kakak biasa belajar dari mana? dari penjelasan pengajar dan ppt yang di share atau bisa dari YouTube dll?

Belajar dari guru olim MHT. Terus, baca-baca buku Campbell. Kadang juga nonton Youtube.


  • Channel-nya apa kak?

Aku gak terlalu hafal channel-nya sih, jadi dari hasil search ya aku liat video yang muncul di atas-atas.


  • Kakak dulu pernah ikut lomba selain KSN gak kak?

Medspin, NMGBC, AYP, Bioscope.


  • Menurut kakak selama di olim bio, materi apa yang susah dipahamin atau dihafal?

Materi tumbuhan sih.



  • Tumbuhannya itu termasuk semuanya kak?

Iya.


  • Nah, sebelum hari H lomba, mungkin H-2/H-1 itu, kakak biasanya review materi atau nenangin diri kah atau tambah fokus buat hari H-nya?

Aku dari H-7 itu latihan soal, kalo H-1 aku nenangin diri.


  • Oh ya, Kak, terakhir ada pesan untuk anak olim bio gak?

Latihan soal yang banyak, rajin baca. Jangan males nyari tau materi yang belom dikuasai.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *