“KSK Semakin Dekat! Aduh, Harus Gimana?” (Part 1: Kebumian, Astronomi, Komputer, dan Kimia)

Halo semua! Selamat datang di “Persiapan KSN-K Part 1”  bersama Catatan Si Thamrin!

Tim kami berhasil mewawancarai 9 orang yang lolos tahap KSN-K, bahkan ada yang sampai mendapat medali lho! Di part 1 ini, kami akan membahas tentang Kebumian, Astronomi, Komputer, dan Kimia. Penasaran? Stay tuned!

  1. Ka Wynne (Kebumian)
  • Kak, boleh ceritain gak, persiapan Kak Wynne menghadapi KSK bagaimana?

Kalo aku, kan olimnya kebum. Nah, persiapan KSK itu aku udah mulai sebelum libur semester satu. Karena materinya banyak, bener-bener banyak, sedangkan aku terhitung baru tahun pertama di kebum.

Makanya aku harus kejar sendiri materi-materi yang aku belum terima di sekolah. Aku cicil-cicil setiap harinya, jadi per hari aku punya target sendiri. Misalnya, sehari itu aku harus udah paham materi ini, gitu. Terus aku juga kerjain soal-soal OSK  dari tahun-tahun sebelumnya.

Targetnya sekitar seminggu sebelum KSK aku udah selesaiin semua paket gitu. Jadi, setelah soal-soal habis, aku bisa review-review lagi atau kerjain soal yang satu tingkat lebih tinggi, biar gak kaget kalo tiba-tiba yang keluar kek susah-susah gitu soalnya, karena yang aku dengar, setiap tahunnya itu pasti soalnya di-”upgrade“. Makanya, aku merasa harus lebih siap sedia apapun tipe soalnya. 

Oh iya, dulu kan buat persiapan KSK pasti kek dikasih dispen, nah di situ bener-bener difokusin banget-banget belajarnya. Sama, aku juga suka ikut tryout-tryout gitu, karena kebum kan tipe soal KSK-nya beragam banget dan bener-bener gak bisa ketebak. Jadi, aku coba cari model soal sebanyak mungkin dari mana aja gitu, sama banyak-banyakin baca, wkwkwkwk. Teorinya susah soalnya.


  • Oh iya kak, kalau boleh tau Kak Wynne dapat soal tahun lalu dari mana kak?

Kalo buat kebum, ada website sakti punyanya Kak Frans, medalis tahun 2017. Buka aja, fr.santoso.blogspot.com kalau gak salah. Itu ada soal dan KJ tahun-tahun sebelumnya gitu. Sama ada soal-soal lain di luar KSK, kayak lomba-lomba gitu yang pastinya gak kalah menantang soalnya biar lebih terlatih juga. Sama itu sih, biasanya kan kalo ikut tryout-tryout gitu ada grupnya. Nah, mereka sering banget diskusi soal di situ.

Eh iya aku kelupaan, kalau mau KSK please banget yang paling penting gak boleh lupa banget JAGA KESEHATAN. Fatal banget kalau sakit sebelum KSK, karena aku pas ksk sakit dan hampir batal gila nyesek banget kalau ga gua paksain. Jangan terlalu forsir diri sendiri pas h-1 itu buat refreshing aja biar ga sakit. Makan yang bener, istirahat yang cukup biar ga tumbang pas ksk dan bisa ngerjain soal dengan optimal. OH IYA jangan lupa doa hehe karena doa yang berasal dari hati yang tulus pasti didengarkan 🙂


  • Oh ya kak, ada buku recomended gak buat dipelajarin?

Kalau buat kebum itu, ini yang penting-penting banget ya.

      1. Diktat-diktat
      2. PPT-PPT bisa download juga dari blognya Kak Frans
      3. Meteorology Today. Ini penting banget buat dibaca sebelum KSK karena  katanya yang udah baca buku ini sampe habis, soal KSK banyak diambil dari situ yang meteorologinya
      4. Boleh tambah-tambah dari Essentials of Geology, Essentials of Oceanography,  sama Buku Sakti Astro
      5. Buku -buku kebum yang lain kalau ada

Yang penting baca diktat, PPT sama Met Today, sih. Udah cukup banget kalau udah bisa nguasain ini semua.


  • Materi di kebum paling susah, menurut Kak Wynne itu apa?

Tergantung sih, wkwkwk. Tapi yang aku banyak kesulitan tuh di astro, suka kebanyakan rumus aneh gitu, wkwk, apalagi di KSK. Tapi meteorologi juga susahh, soalnya banyak juga materinya terus kayak banyak yang bisa dilogikain tapi masalahnya kadang logika gua gak nyampe, hahaha.


  • Ada yang mau disampein ga nih kak, buat teman-teman yang ngambis KSK hingga KSN kebum?

Semangat gais! Persiapin baik-baik semuanya dan kalau udah mulai jenuh, jangan lupa sama motivasi yang udah ngebawa kalian sampai sejauh ini. Jangan lupa doa dan jaga kesehatan. Jangan malu juga kalau mau tanya-tanya sama guru atau sama temen seperjuangan, hehehe. Dan pas belajar pre-KSK ataupun setelah KSK nanti, jangan terlalu dibawa stres dan apapun hasilnya, pasrahin aja ya. Kita teman-teman MHT pasti support kalian semua.

Eh iya, aku kelupaan, kalau mau KSK, please banget, yang paling penting, gak boleh lupa banget, JAGA KESEHATAN. Fatal banget kalau sakit sebelum KSK, karena aku pas KSK sakit dan hampir batal. Gila nyesek banget kalau gak gua paksain. Jangan terlalu forsir diri sendiri. Pas H-1 itu buat refreshing aja biar ga sakit. Makan yang bener, istirahat yang cukup biar ga tumbang pas KSK dan bisa ngerjain soal dengan optimal.

 

 2. RW

  • Boleh ceritain gak, persiapan lu menghadapi KSK bagaimana?

Buat persiapan KSK, sih, gua latihan-latihan soal KSK dari tahun kemarennya, ikut tryouttryout, lomba dari univ, nanya ke guru sama kakel juga.


  • Kalau boleh tau, lu dapat soal-soal tahun lalu itu darimana?

Dari internet, bisa dari website, blog, IG.


  • Kira-kira menurut lu, persiapan KSK cuman dalam waktu sebulan cukup ga?

Kalo bener-bener serius terus niat sih bisa aja. Asal mau ngorbanin banyak buat ngefokusin ke KSK.


  • Waktu itu, lu sehari belajar olim berapa jam?

Kalo sehari gua kurang tau sih, gua ga terlalu ngejadwalin. Lebih kayak kalo lagi ada freetime gua belajar terus kalo udah cape udahan dulu.


  • Ada buku recomended ga buat dipelajarin?

Buku yang gua rekomendasiin itu ada Diktat Astronomi Hans Gunawan, buku sakti, sama Fundamental Astronomy (cuma ini lebih advanced).


  • Materi di astro yang paing susah, menurut lu itu apa?

Astronomi bola sama tata koordinat.


  • Ada yang mau disampein ga nih, buat teman-teman yang ngambis KSK hingga KSN astro?

Semangat ya, “jadilah bintang dengan belajar bintang”.

 

3. Kak Adel

  • Kak boleh ceritain gak, persiapan Kak Adel menghadapi KSK bagaimana?

Kalo kom kan KSK-nya masih banyakan soal-soal MTK-nya ya, jadinya aku agak santai, sih. Soalnya dulunya aku anak MTK. Tapi dulu tuh pas mau KSK, suka ada kelas tambahan buat yang KSK, terus kayak suka dikasih soal-soal gitu buat latihan.

Terus dulu kan anak-anak olim juga dikasih waktu belajar mandiri buat persiapan KSK, tapi aku biasanya nyicil-nyicil materi coding buat KSP. Soalnya, dulu aku coding aku masih cupu banget gitu.


  • Oh ya Kak, fungsi apa aja di C++ yang harus dipelajarin tapi gak diajarin Kak Mamat?

Kalo buat KSK sih, kayaknya udah diajarin semua. Soal-soal baca coding-annya juga dikit sih. Oh iya, kerjain juga soal-soal KSK tahun-tahun sebelumnya biar biasa ngeliatnya sama bisa nyesuain waktu pengerjaannya.


  • Kalau boleh tau, dapat soal tahun lalu dari mana, Kak?

Aku cari di Google sih, “soal osk komputer 2017” gitu-gitu. Biasanya muncul soal-soal sama KJ-nya. Tapi, seinget aku ada yang nyediain pembahasan juga deh.


  • Ada buku recomended gak kak buat dipelajarin?

Kalau buku kayanya gak ada sih, tapi kalo mau latihan kerjain aja soal-soal di TLX.


  • Kalau tentang mod itu bagaimana, Kak? Kayak Fermat, Euler, Chinese remainder theorem, dll?

Mod kepake banget sih, tapi paling kepake fermat. Kalo euler kayaknya jarang. Tapi kalo CRT, kayaknya gak tau juga gak apa-apa, deh.


  • Ada yang mau disampein ga nih Kak, buat teman-teman yang ngambis KSK hingga KSN kom?

Semangat kalian, jangan lupa kalo ngerjain soal liat timer-nya. Tenang aja, olim kom yang paling santai, boleh makan minum hehe.

 

4. Kak Dastin

  • Gimana sih persiapan kakak untuk KSK kim?

KSK merupakan fase yang paling gue takutin selama menggeluti dunia olim, karena yang lolos KSK cuma 3 orang dari 5 orang yang dikirim MHT. Ditambah lagi ada beban “tahun terakhir olim” dan “gak boleh gagal kayak tahun lalu”.

Semenjak gue gak lolos OSK 2019, gue bener-bener belajar kim, apalagi pas masuk kelas 11. Dulu gue ambis banget setiap hari pasti ngerjain soal-soal OSK atau OSP. Gue ngandelin banget PG kalau buat KSK. Menjelang hari-hari KSK, ditambah bentrok TOC, gue tetep sempet meluangkan waktu gue gitu buat setidaknya baca pembahasan OSK/OSP di urip.info.

Saking seringnya baca soal OSK OSP, gue sampe hafal soal OSK/OSP 2009-2019 dan jawabannya. Saran dari gue, baca-baca dan pahamin soal-soal OSK/OSP 10 tahun ke belakang. Kalo kim, biasanya cycle soal OSK/OSP-nya paling beberapa aja yang beda. Oh iya, jangan lupa doa, abis solat/ibadah, doa tetep nomor 1. Jangan lupa juga dhuha buat yg muslim, dan jangan terlalu dipaksain dan bawa santai tapi tetep serius, hehe.


  • Oh iya kak, kan banyak yang bilang kalo CS Toh tuh recommended buat belajar olim ya. Nah, menurut kakak, CS Toh itu beneran efektif apa enggak? Dan kalo efektif. seberapa efektif?

Kalau buat persiapan di luar H-2 bulan itu masih efektif, tapi gue sendiri kurang merekomendasikan CS Toh kalau buat buku pegangan. Kalau buat KSK, gue lebih rekomendasiin Zumdahl sama Solomon, tapi gak semua bab kok. Kalau CS Toh itu enaknya diseriusin abis lolos KSK, soalnya materi-materinya banyak yang kepake di OSP gitu.


  • Terus kalo latihan soal pake USNCO local sampe national exam itu efektif buat persiapan sampe tahap apa ya kak?

Kalo USNCO boleh buat KSK, efektivitas 85%. Sampe KSP pun masih rekomen menurut gue.


  • Ada gak kak soal “KSN luar negeri” yang efektif buat KSK sampe KSN?

Kalo buat KSK pake USNCO atau soal dalem udah cukup. KSP juga sama. cuma KSP lebih didalemin aja konsepnya dari baca-baca buku gitu buat yg otodidak, ya.

Kalo ksn, sumpah kalo kalian udah tau kalian lolos ke nasional, kalian harus ngerjain soal-soal olimnya Inggris sama Jerman. Tahun 2020 kemarin, 1 soal copas olim Inggris taun 2008. Saran gue kerjain aja soal olim Inggris/Jerman dari tahun 2006-2015. Biasanya Indo suka copas-copas.


  • Terus buat belajar konsep menurut kakak lebih efektif buat baca-baca Raymond Chang dsb. atau nonton channel Organic Chemistry Tutor gitu kak?

Kalo gue lebih suka baca buku, wkwk. Tapi itu tergantung orangnya gitu. Kalo gue, biasanya buka Zumdahl terus langsung liat contoh soalnya gitu. Terus gue liat cara ngerjainnya. Terus gue coba kerjain soal-soal di belakangnya gitu, Solomon juga. Gue ngafalin reaksi organik, gak boleh padahal. Pas KSN nanti bingung sendiri kalo ngafalin, wkwk.


  • Materi paling susah di kimia menurut kakak apa?

Termodinamika, organik level aldol condensation ke atas, NMR, IR, kim analitik kaya termogravimetri, dkk. (ini materi ksn), sama kimia unsur.


  • Ada yang mau disampein ga nih kak ke orang2 yang ngambis ksn kim?

Pesennya, maksimalin kesempatan yang udah dikasih. Jangan lupa belajar. Sumpah, kalian kalo udah olim harus gila-gilaan gak boleh nanggung-nanggung kayak gue. Mental jangan lupa. Drilling soal dan doa yang rajin. Satu lagi pesen, kalau kalian ke depannya belum berkesempatan, jangan patah semangat. Pasti ada yg indah di balik itu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *